Indonesia Mencari Bakat

Kelompok pengamen jalanan asal Surabaya, Klantink, akhirnya keluar sebagai juara Indonesia Mencari Bakat (IMB) Trans TV. Dalam pentas live Grand Final tadi malam, (Minggu 14/10), Klantink yang terdiri lima pemuda meraup perolehan SMS (pesan pendek melalui telepon seluler) dukungan dari pemirsa TV, dengan kemenangan tipis atas rivalnya, Putri Ayu asal Medan.

Dari 1.524.830 SMS dukungan yang masuk bagi keduanya, Klanting memperoleh 50,03 persen, sedangkan Putri Ayu memperoleh 49,97 persen, atau cuma selisih 0,06 persen. Grand final tersebut mengakhiri hampir delapan bulan penyelenggaraan Indonesia Mencari Bakat Trans TV yang diikuti 14 kontestan.

Kemenangan Klantink, sebelumnya diawali kasak-kusuk bahwa Klantink sudah di-setting untuk menjadi juara Indonesia Mencari Bakat (IMB) (Wawasan Minggu 24/10), meski hal tersebut dibantah oleh Head of Marketing Public Relations Trans TV, Hadiansyah Lubis.

Berlaga di hadapan dewan juri yang terdiri Adie MS, Tantowi Yahya, Sarah Sechan, Riyanti Cartwright dan Titi Sjuman, Putri Ayu mengawali unjuk kebolehannya dengan sebuah lagu seriosa.

Dara berusia 13 tahun yang selama IMB diasah oleh pelatih Mbak Berta dan Christopher Abimanyu, mampu memesona dan membangkitkan emosi awal penonton di studio, yang ditunjukkan oleh histeria teriakan-teriakan dukungan. Christopher Abimanyu yang diminta komentarnya soal Putri Ayu, sempat mengatakan perkembangan Putri Ayu selama diasah di IMB memang luar biasa.

Sementara Klantink mengawali unjuk bakatnya dengan lagu berjudul Lagu Jalanan, yang merupakan identitas yang mereka usung ketika berangkat mengikuti seleksi hingga grand final IMB.

Tak kalah dengan Putri Ayu, Klantink juga menarik perhatian dewan juri juga penonton. Dasi merah jambu yang mereka kenakan, meski mereka adalah laki-laki, berulangkali disinggung oleh dewan juri sebagai warna yang lucu. Malam puncak final IMB tadi malam juga diramaikan sejumlah artis senior.

Dua penyanyi pop gaek, Titi DJ dan Ruth Sahanaya mendampingi Putri Ayu dalam unjuk suara. Para kontestan IMB yang telah gugur juga kembali muncul untuk turut meramaikan final, seperti Hudson, Rumingkang, Brandon, dan Funky Papua.


Histeria penonton bukan cuma di dalam studio. Malam final tadi malam memang digelar sedikit berbeda dengan biasanya, yaitu adanya sudio luar (outdoor) yang juga dipadati penonton. Mereka ini juga meneriakkan histerianhya untuk mendukung dua finalis yang beradu di dalam studio.

Sebagaimana pernah dikatakan pakar antropologi media Undip Semarang, Dr Agus Maladi Irianto MA, peran MC tadi malam memang mampu membangkitkan emosi penonton untuk mengirim SMS, untuk mendukung finalis. Sekitar pukul 23.00, barulah diumumkan juara IMB berdasarkan perolehan dukungan dari SMS pemirsa di seluruh tanah air.
Indonesia Mencari Bakat Indonesia Mencari Bakat Reviewed by Handbags Boutique Online on 11.37 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.