Bandung Air Show

Lanud Husein Sastranegara bersama Pemkot Bandung telah siap menggelar perhelatan "Bandung Air Show 2010" yang akan dilaksanakan pada 23-26 September mendatang.

Selain melakukan sejumlah persiapan, deretan pesawat juga telah terlihat di landasan Husein Sastranegara. Puluhan tenda untuk pameran produk KUKM Kota Bandung juga telah disiapkan.

Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Husein Sastranegara, Kolonel Pnb. Asep Adang Supriyadi kepada wartawan, Selasa (21/9) mengatakan, Bandung Air Show 2010 akan dimeriahkan 30 penerjun gabungan yang terdiri atas 5 anggota marinir, 5 anggota kopassus, 5 anggota paskhas, 5 anggota polri, dan 10 dari Federasi Aerosport Indonesia (FASI). "Mereka telah melakukan latihan sejak Senin (20/9) hingga Rabu (22/9)," katanya.

Selain aksi terjun parasut, acara tersebut pun akan dimeriahkan static show. "Untuk pesawat yang bakal ditampilkan dalam static show, mulai parkir Rabu (22/9) mendatang. Rencananya sebanyak 137 pesawat yang akan melakukan static show. Mulai pesawat berbadan besar dari sipil dan TNI seperti Hercules, Fokker, M17, NBELL hingga Nomad serta pesawat-pesawat berbadan kecil seperti pesawat latih, lalu microlight hingga aeromodeling," terang Adang.

Dipaparkan Adang, Bandung Air Show (BAS) 2010 nanti akan dibuka langsung oleh Wali Kota Bandung Dada Rosada. Pembukaan akan menampilkan atraksi pesawat-pesawat tempur milik TNI. "Sekitar pukul 09.35 WIB, akan melintas satu flight F-16 yang berangkat dari Madiun. Dilanjutkan pukul 10.00 WIB adalah satu flight yang terdiri atas tiga pesawat Hawk 100-200. Kedua pesawat tempur itu akan melintas di jam yang sama pada keesokan harinya. Sementara tanggal 25 dan 26 tidak ada," terang Adang.

Masih pada hari pembukaan, akan ditampilkan aksi aerobatik dari pesawat-pesawat sport dan aero klub. Mereka akan melakukan beberapa trik yang memakai smoke seperti loop, barrel roll, hummer head dan inverted serta terakhir atraksi terjun payung.

"Untuk faktor keamanan, masih dapat dinikmati penonton, pesawat-pesawat yang tampil akan terbang dengan ketinggian 500 di atas permukaan laut atau sekitar 1,5 km di atas permukaan laut. Akan tetapi hal itu dilakukan jika cuaca mendukung. Kalau cuaca tidak memungkinkan, semua penerbangan untuk atraksi-aktraksi ini, terpaksa kami cancel demi keamanan dan keselamatan," jelasnya.

Masih dikatakan Adang, dalam pameran nanti ada juga fasilitas-fasilitas dirgantara yang bisa dicoba para pengunjung. "Ada trike tandem, microlight, pesawat latih, gantole tandem, pesawat caravan untuk joyflight, helikopter, serta terjun tandem. Namun, pengunjung harus memenuhi kriteria dari sisi kesehatan dan tentunya ada biaya tambahan lagi," terang Adang seraya menambahkan, bagi warga yang hobi fotografi, digelar juga lomba foto kedirgantaraan dengan hadiah sejumlah uang tunai dan trofi.

Dikatakan Adang, gelaran BAS 2010 merupakan bentuk dukungan Lanud Husein dalam menyambut HUT Kota Bandung yang ke-200. "BAS 2010 merupakan kegiatan daerah yang berskala nasional dan mengandung makna edukasi, sains, sport, tourism serta industri internasional, nasional, dan daerah," katanya.
Bandung Air Show Bandung Air Show Reviewed by Handbags Boutique Online on 19.55 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.