Al-Quran Dibakar 2 Pendeta AS, Setara Mengecam !

Al Quran dibakar - Lembaga Swadaya Masyarakat Setara Institute mengecam dan mengutuk keras pembakaran Al Quran yang dilakukan oleh dua orang pengikut Terry Jones, Pendeta Danny Allen dan Bob Old di Amerika Serikat pada Sabtu (11/9).

"Pembakaran Al Quran merupakan bentuk kebencian dan penghinaan yang tidak dibenarkan dalam hukum HAM, karena perintah hukum HAM adalah menjamin semua agama atau keyakinan hidup dan berkembang," kata Ketua Badan Pengurus Setara Institute Hendardi, di Jakarta, Rabu (15/09/2010) malam.

Menurut dia, peristiwa pembakaran Al Quran di AS itu merupakan peringatan serius bagi pemerintah AS di bawah kepemimpinan Barrack Obama dan peringatan bagi dunia untuk membangun dialog konstruktif, mengembangkan kerukunan, dan memberikan jaminan utuh kebebasan beragama/ berkeyakinan.

"Dengan memberikan jaminan kebebasan beragama/ berkeyakinan, maka segala bentuk diskriminasi dan intoleransi bisa dihapuskan dan menjadikan semua agama/keyakinan bebas hidup dan setara," tuturnya.

Hendardi menilai radikalisme gaya Terry Jones menegaskan bahwa berbagai praktik diskriminasi, intoleransi, dan kebencian antar agama tidak bisa diselesaikan dengan cara-cara kekerasan, melainkan harus dengan dialog.


Kekerasan yg menjadi pilihan politik negara untuk menyeragamkan warga negara dalam wadah `agama-agama resmi` hanya akan menimbulkan radikalisme yang destruktif bagi jaminan kebebasan beragama/ berkeyakinan.

"AS, termasuk Indonesia harus sungguh-sungguh membangun dialog dan mengembangkan diplomasi lintas agama untuk memperkuat perdamaian dunia. Berbagai aksi kekerasan terhadap jemaat Kristiani di Indonesia misalnya, justru akan menjadi pintu munculnya radikalisme dan militansi sekelompok kecil umat," ujarnya.
Al-Quran Dibakar 2 Pendeta AS, Setara Mengecam ! Al-Quran Dibakar 2 Pendeta AS, Setara Mengecam ! Reviewed by Handbags Boutique Online on 22.43 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.