Jam Terbesar Di Dunia

Jam Terbesar Di Dunia, Arab Saudi telah mengoperasikan jam bermuka empat terbesar di dunia di kota suci Islam, Mekkah. Jam ini memiliki tinggi enam kali jam Big Ben di Inggris. Penggagas utama jam terbesar di dunia itu tak lain Pangeran Abdullah, Raja Arab Saudi.Pembuatan jam senilai 800 juta dolar AS ini diserahkan kepada insinyur Jerman dan Swiss.

Jam Terbesar Di Dunia, Menara jam dengan empat sisi ini akan dipasang di atas sebuah pencakar langit besar yang memiliki tinggi total sekitar 600 meter atau tertinggi kedua di dunia setelah Burj Al Khalifa di Dubai. Dengan diameter sekitar 40 meter, jam Saudi ini akan lebih besar dari juara dunia jam terbesar saat ini yakni jam Mall Cevahir di Istanbul, yang memiliki lebar 36 meter dan ditaruh di atap sebuah kompleks perbelanjaan.

Pemandangan sekitar Masjiddil Haram Makkah dan Kakbah merupakan bagian dari upaya Saudi untuk mengembangkan kota yang dikunjungi oleh jutaan jemaah haji setiap tahunnya itu. Percobaan jam ini sudah dilakukan pada hari pertama Ramadhan, Kamis lalu. Saat ini hanya satu sisi dari empat sisi jam yang telah dibangun dan dilapisi dengan 98 juta lembar kaca mozaik.Bagian depan jam ini akan didekorasi dengan mozaik kaca dan terbuat dari karbon fiber, bahan yang sangat kuat dan digunakan pada pesawat luar angkasa dan teknologi lainnya.

Di setiap sisi jam tersebut akan tertulis "Allahu Akbar" dalam bahasa Arab dilengkapi dengan ribuan lampu warna-warni. Jam akan terlihat dari jarak sekitar 25 kilometer. Sebuah dek observatorium direncanakan dibangun di dasar jam. Sebentuk bulan sabit emas yang sangat besar berdiameter 23 meter akan diletakkan di atas jam.
Jam Terbesar Di Dunia Jam Terbesar Di Dunia Reviewed by Handbags Boutique Online on 15.36 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.