Tips Mengolah Adonan Kue

KUE sering menjadi teman setia yang selalu dihidangkan bersama kopi atau teh baik itu Resep Kue Basah ataupun Resep Kue Kering. Sebagai camilan saat keluarga sedang berkumpul atau mengobrol, kue juga bisa dihidangkan sebagai dessert usai makanan utama habis dilahap.

Bila Anda hobi mengolah kue atau mencontoh dari resep menu, tidak selalu berhasil membuatnya sesuai keinginan. Kurangnya pengetahuan bagaimana cara mengaduk adonan yang benar, atau bahan dasar kue yang berlebihan, malah membuat kue menjadi bantat. Kalau sudah begini, kue yang Anda bikin dapat terbuang sia-sia.

Jika kue yang Anda buat sering kali bantat, berikut ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat mengolah adonan. Sehingga, kue pun dapat sukses dan tampak cantik ketika dihidangkan.

1. Bila cake tidak mengembang dengan rata, bisa disebabkan dasar oven yang digunakan tidak rata. Selain itu, bisa juga karena letak rak oven tidak tepat.

2. Bila cake tidak mengembang di bagian tengah (tenggelam), bisa karena terlalu banyak memakai baking powder. Ini menyebabkan cake mengembang terlalu berlebihan sehingga ambruk di tengahnya.

3. Bisa juga karena menggunakan buah-buahan yang basah (untuk fruit cake), cake diangkat sebelum sempurna masak, cake dibakar dalam oven yang suhunya terlalu rendah, dan kurang menggunakan tepung.

4. Bila cake tidak rata teksturnya, banyak lubang-lubang besar di dalamnya. Ini bisa disebabkan beberapa hal. Apa saja?

5. Ketika mencampurkan tepung, hendaknya sedikit demi sedikit, dan perlahan-lahan sambil diaduk. Bisa juga karena baking powder terlalu banyak, atau telat membakar dan terlalu lama mengocok adonan.

6. Bila kue keras, ini disebabkan karena gula mempunyai kristal yang terlalu besar, atau kue dimasak dalam oven yang masih kurang panas.

7. Bila kue di bagian luar sudah gosong, tapi di dalam tetap mentah, apa penyebabnya? Oven terlalu panas dan isi adonan dalam cetakan terlalu banyak.

8. Bila kue terlalu kering, mungkin Anda kurang memasukan telur dalam adonan, kurang air dalam adonan, terlalu banyak menggunakan baking powder, dibakar terlalu lama dalam oven yang dingin, kurang menggunakan margarine, dan terlalu banyak mengandung putih telur.

9. Bila buah-buahan terbenam dalam cake, mungkin juga disebabkan terlalu banyak air digunakan dalam adonan. Buah-buahan yang dipakai tidak dicuci dan dikeringkan juga bisa menjadi pemicunya. Atau, kue dimasak dalam oven yang panasnya kurang. Sehingga margarin dan gula sudah mencair tapi gluten belum masak betul, sehingga tekstur kue ini tidak kuat memegang buah-buahan tadi.

10. Bila kue bertekstur kasar, mungkin Anda harus memerhatikan margarin, gula, dan telur yang digunakan kurang lama dikocok. Terlalu banyak memakai baking powder juga bisa menjadi penyebabnya. Atau malah, terlalu sedikit menggunakan margarine dan telur serta suhu oven terlalu tinggi.
Tips Mengolah Adonan Kue Tips Mengolah Adonan Kue Reviewed by Imelda Pusparita on 15.25 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.